Travelling Sambil Hasilkan Uang

Mungkinkah melakukan travelling sambil mengahasilkan uang? Bukankah setiap perjalanan bakal menyedot banyak waktu dan biaya? Namun, lupakan segala pertimbangan tersebut jika berminat untuk menikmati perjalanan yang bisa 'balik modal'. 

Apalagi jika kamu seorang penjelajah bebas yang haus dengan petualangan-petualangan baru. 

Berikut ini kamu bisa menyimak beberapa cara untuk mengubah perjalanan liburan menjadi pengalaman yang menguntungkan. Pastinya, semua harus dipersiapkan dan direncanakan secara matang. Pilihannya tergantung pada keputusan dan pelaksanaan travelling. 

Travelling Sambil Hasilkan Uang


Travel Writer

Profesi ini memang sedang naik daun. Ada banyak penulis travelling dunia dan lokal yang karya-karyanya saat ini menghiasi rak-rak toko buku. 

Kamu mungkin bisa mengikuti jejak mereka dengan mulai mencatat dan mendokumentasikan pengalaman apa saja yang terjadi di lokasi. 

Mulailah dengan menulis hal-hal kecil namun unik. Jika kamu memiliki blog pribadi akan lebih menguntungkan. Selalu update perkembangan pengalaman di setiap lokasi. 

Jika isi dari blog kamu menarik, akan ada banyak pengunjung yang membaca dan siapa tahu ada penerbit yang melirik dan menerbitkan catatan kamu. 

Fotografer

Tak jauh berbeda dengan penulis, namun lebih fokus pada dokumentasi foto. Apalagi jika kamu memiliki bakan dan hobi fotografi. 

Tak perlu pergi ke luar negeri sebab ada banyak spot menarik di tanah air yang masih belum atau jarang terekspos. Manfaatkanlah peluang tersebut. 

Youtuber

Hanya dengan berbekal kamera kamu bisa menjadi seorang youtuber. Sudah banyak orang yang merekam dan bercerita soal lokasi-lokasi menarik di tanah air. 

Rekamlah setiap momen, penduduk, interaksi budaya dan fenomena-fenomena di lokasi travelling. Saat ini, hanya dengan berbekal peralatan digital yang sederhana, proses editing video bisa dilakukan dengan mudah. 

Siapa tahu kelak kamu menjadi salah satu youtuber terkenal di tanah air. 

Berbelanja

Bukankah justru berbelanja akan semakin memboroskan biaya? Tak usah berpikir semacam itu sebab kamu hanya perlu tahu bagaimana berbelanja yang tepat dan jelas bukan untuk koleksi pribadi. 

Setiap daerah memiliki keunikannya tersendiri entah baju, souvernir atau benda-benda lain. Sebelum berangkat travelling, carilah informasi mengenai barang-barang khas tersebut dan tawarkan kepada teman-teman atau orang lain. 

Sepulangnya dari travelling, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang tentunya tidak akan merugikan teman-teman kamu. 

Kombinasi dari Cara-cara di Atas

Nah, apakah kamu mengkomunikasikan semua cara tersebut dalam satu kesempatan? Tidak ada yang tidak mungkin jika kamu bisa melakukannya dengan sepenuh hati. 

Barangkali saja nasib kamu memang menjadi seorang traveler sejati. Demikianlah beberapa gaya travelling yang bisa memberikan keuntungan rupiah. 

Memang, tak semua orang mau melakukan hal-hal tersebut. Namun, setiap pengalaman dari petualangan kamu akan sangat berguna kelak dikemudian hari. Bisa saja kamu tertarik untuk membuka bisnis travelling dengan gaya khas. Semua tergantung pada pilihan dan keputusan kamu. 

0 Komentar