Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Travelling dengan Sepeda, Kenapa Tidak

Jika kamu berminat mengisi liburan dengan berjalan-jalan melihat alam tetapi tetap ramah lingkungan, maka travelling dengan sepeda dapat kamu pilih untuk mengisi liburan kamu. 

Travelling dengan sepeda

Travelling dengan sepeda mulai banyak dipilih karena dinilai lebih ramah lingkungan dan kamu dapat lebih leluasa menikmati pemandangan lokasi liburan kamu. Bersepeda juga baik untuk kesehatan, sehingga kamu tetap dapat berolahraga sambil liburan. 

Travelling dengan sepeda tidak harus bepergian ke tempat-tempat yang jauh, untuk permulaan kamu bisa mencoba lokasi-lokasi wisata alam di dekat kota kamu. Perhatikan beberapa hal berikut agar travelling dengan sepeda kamu semakin menyenangkan. 

1. Pilihlah lokasi tujuan kamu. Jika lokasi yang kamu pilih jauh, kamu tidak harus bersepeda sampai lokasi tujuan. Manfaatkan angkutan umum seperti bus, kereta atau pesawat menuju lokasi tersebut dengan membawa sepeda kamu. 

Pastikan keamanan sepeda kamu terjamin saat kamu meletakkannya di bagasi untuk menghindari kehilangan. 

2. Sesuaikan jenis sepeda dengan lokasi tujuan kamu. Apabila kamu berniat untuk travelling ke daerah pedesaan yang masih asri atau daerah yang kondisi jalannya baik, kamu dapat menggunakan sepeda lipat. 

Sepeda ini memiliki keunggulan karena bentuknya yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

Jika kamu berencana travelling di medan yang berat, pilihlah sepeda khusus untuk medan tersebut agar dapat menunjang kebutuhan kamu. 

3. Persiapkan segala keperluan sepeda dan diri sendiri. Buatlah rencana mengenai apa saja yang kamu lakukan, apabila kamu ingin berkemah di luar maka siapkan perlengkapan yang dibutuhkan. 

Kamu dapat menambahkan bagasi khusus sepeda pada sepeda kamu untuk membawa perlengkapan kemah. 

Jangan lupa untuk membawa peralatan wajib sepeda seperti pompa dan alat lainnya. Saat ini perlengkapan alat tersebut sudah banyak dijual dalam satu set lengkap yang berukuran kecil, sehingga kamu dapat membawanya tanpa menambah banyak beban. 

4. Pastikan peralatan pelindung terpasang. Meskipun sepeda tidak digunakan dalam kecepatan tinggi, ada baiknya kamu tetap menggunakan peralatan seperti helm bersepeda dan pelindung siku serta lutut.

Hal ini mengantisipasi apabila terjadi kecelakaan dan kamu terjatuh, peralatan pelindung dapat melindungi kamu dari luka dan kamu dapat melanjutkan perjalanan. 

5. Pilihlah sepeda yang berkualitas. Sepeda memiliki banyak jenis untuk digunakan diberbagai medan, namun kualitas sepeda umumnya dinilai dari hal yang sama yaitu rangka dan bahan yang digunakan. 

Sepeda berkualitas tidak harus mahal, kamu dapat memperoleh sepeda berkualitas dengan harga yang terjangkau dengan memperhatikan beberapa hal, yaitu:

• Pilihlah sepeda dengan bobot yang ringan, karena semakin ringan sepeda yang kamu gunakan maka kamu akan semakin mudah untuk mengangkutnya apabila akan melewati daerah yang sulit dilewati sepeda. 

• Rangka dan kontruksi sepeda harus kuat. Kamu dapat menekan biaya dengan memodifikasi sepeda kamu sendiri, tetapi kamu tetap harus memperhatikan perhitungan mengenai beban yang ditanggung sepeda yang akan kamu gunakan. 

• Atur bagian pengemudi agar senyaman mungkin saat digunakan oleh pengendara. 

Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya  Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Komentar