Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Pesona Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur adalah salah satu tujuan wisata bahari yang terletak di Desa Kertamukti, Kec. Cimeurak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Pesona pantai ini tak kalah menawan dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di wilayah Pangandaran seperti Pantai Karang Nini, Pantai Batu Hiu, atau Pantai Pangandaran. Perpaduan relief karang dan keindahan pantai yang sungguh menakjubkan. 

Asal-usul mengapa pantai ini dinamakan Keusik Luhur yaitu karena gelombang laut yang mengangkat pasir sampai ke atas batu-batu karang. Dari proses inilah warga sekitar menyebut pantai ini Keusik Luhur. Keusik berasal dari bahasa sunda yang berarti pasir, sedangkan luhur berarti tinggi. Dan di celah-celah batu karang pantai Keusik hidup berbagai macam biota laut. 

Di bagian bibir pantai ini ada sebuah bukit yang curam dengan sudut hingga 90 derajat. Disini kami bisa menyaksikan keindahan pantai yang sangat mempesona dari atas ketinggian.

Pesona Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Pesona Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur

Pesona Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur

Daya tarik dari kawasan wisata pantai Keusik Luhur ini adalah perpaduan antara dataran tinggi dan pantai. Dari paduan tersebut kamu dapat merasakan sensasi yang berbeda dengan pantai-pantai lain. 

Bila kamu ingin rekreasi ke Pantai Keusik Luhur dapat memakai kendaraan pribadi atau menggunakan layanan paket tour wisata murah yang melayani perjalanan pariwisata ke Pangandaran. 

Kegiatan Di Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

Memang tak banyak kegiatan wisata yang dapat kamu lakukan di pantai ini. Hal ini karena karakteristik ombak dan banyaknya bebatuan karang yang menyelimuti pesisir pantai. Walaupun ombak di pantai ini besar juga tidak bisa untuk kegiatan surfing atau berenang. 

Namun, untuk kamu yang senang dengan alam dan ketenangan maka lokasi ini sangat layak disinggahi. Kamu bisa duduk di atas bukit sembari menyaksikan keindahan ombak menghantam bebatuan karang di bawah tebing. Nikmati juga birunya langit dan cakrawala menyatu dengan samudera luas. 

Tak ada hiruk pikuk suara manusia dan kebisingan kendaraan yang memekakkan telinga ditempat ini. Yang ada hanya suara debur ombak dan semilir angin yang berhembus membelai lembut. Bila kamu seorang penyuka meditasi dan yoga maka bawalah alatnya karena disini ada beberapa titik yang cocok untuk melakukan aktifitas tersebut. 

Untuk para pencinta fotografi di setiap sudut pantai ini akan memberikan pemandangan yang eksotis untuk di potret. Seluruh jenis keindahan yang kamu jumpai ditempat ini patut untuk diabadikan dengan kamera andalan kamu. 

Akomodasi

Di sekitar Pantai Keusik Luhur sebenarnya tidak ada fasilitas hotel ataupun penginapan. Maka dari itu bagi kamu yang ingin bermalam bisa membawa tenda atau mencari penginapan di Pangandaran. 

Rute Menuju Kawasan Wisata

Akses untuk menuju Pangandaran tidaklah sulit, perjalanan bisa kamu tempuh dengan dua alternatif yakni, melalui perjalanan udara atau darat. 

Bila kamu berasal dari Jakarta bisa menaiki bus dari terminal Kampung Rambutan dengan jurusan Kp. Rambutan - Pangandaran. Jarak tempuh Jakarta ke Pangandaran diperkirakan sejauh 750km. Turunlah di terminal Pangandaran, yang jaraknya hanya 300 meter dari pintu masuk pantai. Kemudian kamu bisa berjalan kaki atau menaiki becak. 

Yang berasal dari Bandung kamu dapat menumpang bus dari Terminal Cicaheum dengan trayek Bandung - Tasik Malaya - Banjar - Pangandaran. Jarak tempuh antara Bandung ke Pangandaran kira-kira sejauh 236 kilometer. Transportasi yang melayani trayek Bandung - Pangandaran yakni Bus Budiman, dengan type AC maupun Non AC.

Bila kamu berencana untuk memakai jalur udara maka dapat menimpang Susi Air di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Husen Sastranegara. Untuk informasi terlengkap tentang jadwal terbang dan harga tiket Susi Air dari Bandung atau Jakarta bisa membuka website resminya di Susi Air

Untuk menuju ke lokasi pantainya, kamu dapat memakai jasa rental mobil atau ojek. Kamu akan menempuh perjalanan sekitar 43 kilometer dari Pantai Pangandaran atau sekitar 15 kilometer dari kawasan wisata Cukang Taneuh. 

Tips Berlibur di Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur Pangandaran

  • Aktifitas berenang di pantai ini tidak dianjurkan, jadi harus kamu patuhi
  • Bila kamu memutuskan untuk menuruni perbukitan untuk menyusuri tepi pantai, pastikan memakai sandal atau sepatu, karena bebatuan dan karang di pantai ini sangat tajam dan licin
  • Hati-hati bila kamu berjalan menyusuri bukit di pantai ini
  • Jagalah kebersihan lingkungan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan

Demikianlah ulasan singkat mengenai Kawasan Wisata Pantai Keusik Luhur yang dapat kami rangkum pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi para traveler, selamat berkunjung.

Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya  Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Komentar