Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea

Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea | Demam K-Pop memang tengah melanda dunia, musik, film, drama dan budaya Korea Selatan yang unik dan khas membuat banyak penggemar khususnya anak-anak muda. Indonesia bisa dibilang salah satu negara yang cukup terserang demam K-Pop ini. Selain melalui seni, Korea Selatan juga berhasil menjual kuliner dan lokasi-lokasi wisatanya melalui berbagai film, drama dan juga acara TV. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang berbondong-bondong pergi ke Korea Selatan untuk berlibur. 

Tapi sebenarnya, jika niat kamu hanya ingin sekedar berfoto bersama keluarga atau selfi dengan berlatar belakang ala-ala Korea Selatan, maka kamu tidak perlu pergi jauh-jauh ke negri Gingseng tersebut karena lini di Bandung telah hadir Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea

Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea

Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea

Pada tahun 2017 Ridwan Kamil selaku walikota Bandung (sekarang Gubernur Jawa Barat), telah meresmikan didirikannya Little Korea atau Kampung Korea yang merupakan proyek kerjasama wisata Bandung dan Seoul. Tujuannya adalah meningkatkan wisatawan masing-masing daerah. Untuk Bandung sendiri diharapkan kehadiran Kampung Korea dapat menarik wisatawan ke Bandung, sekaligus memperkenalkan budaya Korea. Tentunya pengumuman tersebut disambut baik oleh warga Bandung dan khususnya Indonesia. Mengingat kota Bandung yang umumnya populer sebagai destinasi wisata ditambah dengan maraknya K-Pop di Indonesia. 

Lokasi Kampung Korea

Kampung Korea Bandung adalah destinasi wisata kuliner yang dibangun berbarengan dengan Kampung Sunda. Di Mini Seoul atau Kampung Korea ini, kamu akan diberi suguhan berupa bangun-bangunan yang menggunakan arsitektur bergaya Korea yang disebut Hanok sepanjang 500 meter. Selain bangunan, desain penunjuk jalan di Little Korea ini di desain dengan menggunakan huruf-huruf Korea atau huruf Hangul. Pastikan kamu tidak datang terlalu sore, karena Kampung Korea pasti akan disesaki oleh para pengunjung. 

Untuk lokasi tepatnya, alamat Kampung Korea Bandung berada di Kebonwaru, Batununggal, Bandung. Jika kamu kesulitan mencari lokasi ini, tentu saja kamu dapat menghasilkan bantuan Google Maps, lokasinya sendiri tidak jauh dari Gedung Sate dan Taman Superhero. Tidak ada biaya masuk tambahan ke Little Seoul untuk saat ini. Namun jika kamu berminat untuk menyewa hanbok, kamu dapat meminjamkannya dengan harga 30 ribu per jamnya. 

Wisata Kuliner Kampung Korea

Wisata kuliner di Kampung Korea

Kampung Korea di Bandung ini tentu saja sudah dilengkapi dengan toko-toko yang menjual pernak-pernik cantik khas Korea Selatan serta restoran atau cafe yang menawarkan snack dan kuliner khas Korea Selatan, selain ada cafe yang indoor terdapat pula cafe outdoor. Jika kamu sering sekali menonton Drama Korea, maka pasti akan hafal dengan beberapa jajanan yang ada disini seperti susu pisang berkemasan mungil. Tidak hanya makanan dan minuman untuk pembayaran pun kamu harus menukar uang menggunakan kartu pembayaran. Tiap 100 rupiah akan ditukar dengan 1 won, karena semua pembayaran di lokasi ini menggunakan mata uang won, meski bukan yang asli. 

Beberapa makanan yang dapat kamu cicipi di Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea ini misalnya saja jjampong, jjajangmyeon, tteokbeokki, bimbimbap dan lainnya. Semua makanan ini akan menggunakan citarasa asli Korea Selatan, sehingga kamu yang belum terbiasa akan dapat mencicipi hidangan yang manis, asam dan pedas yang kaya rempah. Membayangkan menyantap tteokkochi yang nikmat dilahap selagi panas sungguh amat menggugah selera. 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Kampung Korea Bandung ini ternyata cukup terjangkau, akan tetapi untuk balita dengan usia di atas 5 tahun wajib bayar tiket juga. Apalagi tiket tersebut bisa ditukar dengan makanan atau minuman pada semua gerai yang berada di dalam lokasi Kampung Korea.

  • Senin - Jumat    : Rp. 10. 000,-
  • Sabtu - Minggu : Rp. 15. 000,-

Sewa Hanbok

Bagi kamu para penggemar K-Pop, maka keberadaan Little Seoul atau Kampung Korea Kota Bandung ini akan memberikan surga kecil yang cukup mengasyikkan karena kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Korea Selatan demi mendapatkan sensasi sesaat suasana Korea Selatan, selain keren tentunya juga lebih hemat. Terlebih lagi kamu dapat menyewa Hanbok, baju khas Korea Selatan yang mirip dengan Kimono Jepang dengan warna-warna pastel yang kalem dan cerah seperti merah muda dan biru muda. 

Kyotoku Floating Market

Selain Kampung Korea, kamu juga bisa mendapatkan sensasi ala Korea ini di lokasi lain, yaitu di Kyotoku, salah satu wahana wisata floating market yang mengedepankan arsitektur dan lokasi yang mirip dengan rumah-rumah ala Jepang atau Korea. Ditempat ini kamu dapat menyewa baju khas Jepang atau Korea Selatan yaitu Kimono dan Hanbok untuk dipakai berjalan-jalan di seluruh area Floating Market. Harga sewa Hanbok sekitar 75 ribu per jamnya, jika kamu ingin mendapatkan foto apik berukuran 10R maka kamu dapat mengambil paket 175 ribu rupiah, sudah termasuk sewa Hanbok selama satu jam. 

Cafe Chingu

Cingu Cafe

Satu lagi wisata kuliner yang akan membawa kamu ke suasana Korea Selatan adalah Cafe Chingu yang berada di jalan Sawunggaling No. 10, dekat dengan Balubur Town Square. Desain interior cafe ini dibuat dengan aroma Korea Selatan yang amat kental, juga tebaran huruf-huruf hangun yang di pajang secara mural. Selain suasana taman yang ditempatkan di tengah cafe, terdapat pula interior yang dibuat mirip seperti Stasiun Gangnam, lengkap dengan peta jalur kereta serta logo korail. 

Menu yang ditawarkan juga tentunya bernuansa Korea Selatan seperti Bimbimbap (nasi campur dengan sayuran), Chijeu Bokkeumbap (nasi goreng keju), Tteokbeokki, Chicken Popcorn dan desertnya Es Seruy ala Korea Selatan, Pat Bingsoo. Harga yang disematkan pada menu makanan dan minuman di cafe ini bervariasi mulai dari 8000 rupiah hingga 30 ribu rupiah. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai Kampung Korea, Wisata Bandung Ala Korea, penyewaan handbok di Floating Market hingga wisata kuliner di Chingu Cafe yang sungguh amat menarik dan unik. Mudah-mudahan informasi ini selain dapat berguna untuk menambah pengetahuan bagi kita, dapat juga memberikan masukan mengenai tempat wisata di Bandung yang akan kamu jadikan sebagai list destinasi wisata pada liburan selanjutnya. 

0 Komentar