Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Eksotika Gunung Rinjani dan Danau Segara

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Di setiap provinsi selalu ada kawasan yang cocok untuk dijadikan obyek wisata. Salah satunya adalah obyek wisata di Lombok yakni Gunung Rinjani dan Danau Segara. Seperti yang kita ketahui Gunung Rinjani menyimpan keindahannya tersendiri. Kedua objek tersebut lebih tepatnya terletak di sebelah utara Lombok. 

Gunung Rinjani ini memiliki ketinggian mencapai 3.726m. panorama di gunung Rinjani ini di dominasi oleh bentuk topografi dari pulau Lombok. Kita pasti akan merasa terkagum-kagum dengan panorama yang disajikan. Panorama tersebut merupakan sebuah pemandangan yang eksotis yakni berupa lembah Sembalun dengan padang savanannya yang akan terlihat pada saat kita menyusuri rute awal pendakian dengan agak mendatar. 

Lembah Sembalun tersebut biasanya dijadikan area pendakian bagi penyuka hiking. Rute Sembalun tersebut memang agak panjang tetapi datar dengan luas secara keseluruhan mencapai 12.852km persegi. Oleh karena itu banyak pendaki yang suka melewati rute Sembalun, karena mereka akan menghemat 700m ketinggian. Gunung Rinjani memang menjadi favorit tersendiri bagi para pendaki, namun tempat tersebut juga menjadi favorit banyak orang karena keindahan pemandangannya. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sebesar 41.330 ha. 

Eksotika Gunung Rinjani dan Danau Segara
Gunung Rinjani
Tak hanya Gunung Rinjani yang akan memukau mata, tetapi juga dengan adanya Danau Segara yang siap membuat decak kagum. Danau Segara merupakan danau yang terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Rinjani. Warga sekitar menyebutnya dengan Segara Laut dikarenakan warna air danau yang terletak di ketinggian 2.800m itu, terdapat juga berbagai jenis ikan seperti ikan mas, karper dan mujair. 

Danau Segara ini memang memiliki keunikannya tersendiri. Hal ini terlihat dari warna air yang terdiri dari berbagai macam warna. Warna dau segara tersebut dapat berubah-ubah seperti misalnya biru terkadang juga hijau atau coklat, bahkan warna tersebut bisa bercampuran. Dengan banyaknya jenis ikan yang ada, hal itu banyak dimanfaatkan oleh pendaki atau pengunjung untuk memancing. Ikan yang dipancing dapat menjadi tambahan lauk bagi keluarga mereka. 

Sungguh kombinasi yang eksotis antara Gunung Rinjani dan Danau Segara. Gunung Rinjani yang juga terdiri dari pohon cemara, akasia, padang rumput serta bunga edelweis menambah keindahan pemandangan yang terhampar di depan mata. Selain itu, terdapat juga berbagai jenis binatang yang hidup di Gunung Rinjani seperti harimau, blibis, monyet, rusa dan juga landak. Kesemua hal itu bersatu untuk memberikan pemandangan yang indah bagi para pengunjung. 

Untuk bisa sampai kesana bisa melalui jalur udara, dengan membeli tiket pesawat tujuan Bandar Udara Internasional Lombok. Dari bandara perjalanan dilanjutkan dengan jalur darat, disana banyak kendaraan sewaan yang akan mengantarkan ke tempat tujuan. 

Sedangkan untuk penginapan tak perlu khawatir disana banyak homestay yang menawarkan harga menarik, biasanya di daerah Sembalun. 

Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya  Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Komentar