Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghadapi Jetlag Selama Travelling

Kebiasaan berpindah-pindah tempat selama travelling tentunya menimbulkan jetlag. Hal itu belum ditambah dengan persoalan perempuan yang sedikit ribet. 

Tips Menghadapi Jetlag Selama Travelling

Namun, sebagai perempuan petualang, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ialah tips saat kamu mengalami jetlag selama travelling. 

Membawa Melatonin

Melatonin adalah suplemen alami yang membantu menjaga ritme tubuh dan memainkan peran penting selama kita tertidur dan ketika terbangun. 

Kamu bisa mengonsumsinya sebelum tidur di pesawat dan akan terbangun dengan segar ketika sampai ditujuan. 

Mengubah Jam Tidur

Hal ini memang terasa sulit diterapkan, apalagi jika masih dimasa-masa awal travelling. Nah, sebelum melakukan perjalanan, pelajari pola waktu negara tujuan kamu. 

Beberapa hari sebelumnya, latihlah menyesuaikan diri dengan pola waktu tersebut. Meskipun tidak harus mutlak berhasil seratus persen, sedikit demi sedikit kamu bisa menyesuaikan diri selama perjalanan.  

Selalu Sedia Air Mineral

Jangan pernah lupa untuk membawa persediaan air yang cukup. Cairan ini sangat penting bagi tubuh yang mengalami perjalanan jauh. 

Setiap jam, usahakan untuk meminum sekurangnya dua liter demi mengantisipasi tubuh ketika jetlag. Perlu diketahui bahwa selama perjalanan jauh, tubuh akan sering dehidrasi, jadi jangan pernah remehkan kekuatan air mineral. 

Menjaga Kondisi Tubuh dan Mental di dalam Kendaraan

Tubuh kamu pasti merasa lelah, belum lagi ditambah dengan pikiran-pikiran baru. Jangan pedulikan hal-hal tersebut ketika kamu telah duduk di dalam kendaraan.

Netralkan pikiran dan tubuh untuk tetap berpikir tenang dan nyaman. Kamu bisa menggunakan waktu ini dengan membaca, menulis atau bahkan tidur. 

Jangan Minum Alkohol dan Kafein

Hindari kebiasaan minum kopi atau alkohol sebelum atau selama perjalanan. Hal ini akan memperburuk kondisi tubuh ketika sampai ditujuan. Apalagi jika jarak yang ditempuh cukup jauh. Teman paling baik adalah air segar. 

Pilihlah Tempat Duduk yang Nyaman

Kadang, persoalan ini hanyalah keberuntungan bagi penumpang. Namun, jika kamu beruntung usahakan untuk memilih tempat yang nyaman selama perjalanan. 

Oleh sebab itu, kenalilah dengan baik jenis pesawat atau kendaraan yang akan dipilih. Hindari tempat duduk yang langsung terkena sinar matahari. Selama perjalanan, tak baik jika terjebak oleh cahaya apalagi selama berjam-jam. 

Hirup Udara Segar

Tepat setelah perjalanan mencapai tujuan, segera keluar dan hiduplah udara sedalam-dalamnya. Hal ini untuk menetralisir sistem tubuh sekaligus mencari asupan oksigen bagi kepala. 

Setelah itu, jamu bisa berjalan-jalan sebentar supaya fisik tidak terlalu lama berdiam di satu tempat. 

Sementara ini, penyebab jetlag masih belum diketahui dengan pasti. Bahkan seorang traveler profesional pun mengalami hak ini. 

Jadi, kamu tak perlu khawatir karena hal itu adalah fenomena wajar. Hal terpenting ialah dengan membiasakan diri supaya tubuh terjaga dengan baik dan pikiran tetap jernih. 
Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Posting Komentar untuk "Tips Menghadapi Jetlag Selama Travelling"