Thai Beach Fire Dancers Tarian Api yang Menegangkan

Fire dancing atau tarian api adalah sama dengan beach party atau pesta pantai yang sering dijumpai di setiap pantai di Thailand. Setiap hari ketika malam datang di pantai-pantai terkenal di Thailand akan ada pertunjukan dari Fire Dancers.

Mereka akan meliuk-liuk, berputar, menyembur api dan lain sebagainya. Para penari berada ditengah-tengah penonton yang diam dengan semua gerakan-gerakan yang berbahaya dengan api. 

Banyak yang merasa heran dengan penampilan akrobatik mereka yang begitu mempesona dan bagaimana bisa mereka tidak terbakar. Tentu saja ini adalah hal yang membutuhkan banyak keahlian, entah itu menari dengan menggunakan tongkat, poi, rante dan metal yang di ujungnya ada bola apinya atau tongkat yang di kedua ujungnya sudah terbakar api.

Beberapa orang yakin bahwa tarian api ini mempunyai akar dari tarian Suku Maori di New Zealand. Poi itu sendiri dalam bahasa Maori berarti bola. 

Fire Dancers

Secara tradisional, memutar poi merupakan hal yang sangat penting dalam budaya Maori karena digunakan sebagai bentuk dari pelatihan pasukan untuk meningkatkan kemampuan mental dan kecepatan. 

Awalnya poi tidak dilakukan dengan api, namun setelah melewati bertahun-tahun pertunjukan ini ditambahkan dengan api seperti menyatukan Hawaiian File Knife Dancing dengan Traditional Maori Ball Dancing. 

Meski begitu, tidak pernah ada cukup alasan yang menjawab pertanyaan mengapa poi sebagai sebuh seni pertunjukan bisa diadaptasi sebagai hiburan populer di Thailand dan di beberapa tempat di dunia. 

Ketika kita melihat penari api yang sudah hampir dalam kondisi kerasukan, suku pedalaman itu nampak tidak jauh alias terlihat sangat dekat di depan mata. Keindahan dari tarin ini adalah ketika bola yang sudah diisi dengan Kevlar dan direndam kerosene dan diangkat ke atas ini akan menghasilkan pola dan bentuk yang indah di langit malam. 

Para penari api atau Fire Dancers kebanyakan dipekerjakan di banyak bar dan restoran yang berada di sepanjang pantai-pantai di Thailand. Biasanya pada siang hari, kita dapat menyaksikan para penari tersebut berlatih di pantai. Tentu saja mereka telah berlatih berbulan-bulan dan juga membentuk tubuhnya serta mengembangkan kemampuan bermain dengan api di depan para penonton. 

Hal yang paling mengerikan, menyeramkan dan mematikan dari semua tarian api itu adalah meloncat di atas tali. Hal ini menjadi magnet hang menari para backpacker yang mabuk untuk mencobanya. Mereka mencoba untuk meloncati tali yang terbakar api. Banyak yang tidak bisa memahami mengapa mereka sampai bisa melakukan itu. Tentu saja karena permainan ini adalah hal gila yang bisa mematikan. 

Uniknya adalah ketika malam semakin larut maka semakin banyak penonton dan backpackers yang bergabung mencoba keberuntungan untuk melompat di atas tali yang berapi. Melompat cukup tinggi diantara kerumunan orang banyak. Itulah kenapa, orang tidak heran lagi jika melihat banyak backpacker di Thailand berjalan dengan kaki diperban.

Thai Beach Fire Dancers

Meskipun begitu, para Fire Dancers sebenarnya sangat menjaga keamanan khalayak yang menikmati penampilan mereka dengan menjaga jarak aman agar tidak ada yang terkena percikan api dan ketika musik berbunyi mereka akan mulai untuk mempertontonkan pertunjukan mereka yang magis. 

Hebatnya para penari ini adalah mereka dengan berani menghadapi api itu, tanpa kaos atau baju atau telanjang dada dan tanpa perlindungan dari api, mereka selalu sukse menuai decak kagum dari penonton. 

0 Komentar