Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

Menyegarkan Pikiran Melalui Travelling

Setiap orang pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya. Untuk mengatasinya, diperlukan beberapa solusi yang tepat. Namun, ada kalanya kejenuhan akibat masalah yang menumpuk hanya bisa disegarkan dengan melakukan travelling. 

Menyegarkan Pikiran Melalui Travelling

Bukan lari dari permasalahan, namun dengan melakukan perjalanan singkat akan meneduhkan hati sehingga otak bisa berpikir kembali dengan lancar.

Apabila kamu memiliki pasangan, ajaklah dia dan keluarga untuk mengunjungi lokasi-lokasi baru. Mungkin, kamu memilih untuk melakukan perjalanan berdua saja. 

Ini kesempatan baik untuk sama-sama mencari jalan keluar dari persoalan yang sedang dihadapi. 

Namun, jika kamu masih seorang lajang yang belum memiliki pengalaman travelling tentunya menjadi perkara yang agak ribet.

Kamu tak tahu harus pergi kemana, atau belum mengetahui kejelasan lokasi dan yang paling penting ialah dengan siapa kamu harus bepergian. 

Tak perlu khawatir dengan hal itu. Dengan atau tanpa siapapun, selama kamu memiliki keberanian dan keyakinan mantap, semua akan berjalan lancar. Berikut ini beberapa tips mudah jika kamu ingin bepergian sendiri

Kenali Diri Sendiri dan Tujuan

Ini merupakan hal terpenting sebelum memutuskan melakukan perjalanan. Apakah kamu benar-benar berniat untuk bepergian? Oleh sebab itu, ingatlah baik-baik siapa diri kamu sebenarnya. 

Apakah kamu akan mampu mengatasi berbagai tantangan selama perjalanan? Mengukur kemampuan diri itu sangat penting apalagi jika ini berkaitan dengan pengalaman baru yang akan dijalani. 

Setelah kamu yakin, pilihlah lokasi yang sekiranya tepat bagi kamu. Sebagai contoh, jika kamu tipe seseorang yang menyukai ketenangan, silahkan memilih tujuan perjalanan yang tidak padat. Namun, jika kamu menyukai hal-hal baru, pilihan tempat yang bertolak belakang dengan karakter kamu mungkin akan menjadi tantangan menarik.

Membawa Barang Seperlunya

Sebagian besar kebiasaan seseorang selama bepergian adalah membawa barang-barang yang sebenarnya tidak begitu penting. Padahal, melakukan travelling adalah cara untuk melatih kita supaya lebih ringkas dan efektif dalam setiap tindakan. Jadi, upayakan untuk membawa pakaian seperlunya dan bekal-bekal penting. 

Jangan lupa untuk selalu membawa kartu identitas dan dokumen-dokumen penting lainnya. 

Berpenampilan Apa Adanya

Setiap perempuan pasti ingin terlihat cantik dan menarik dimana saja. Itu wajar dan sah-sah saja. Tapi, perlu diingat bahwa ketika melakukan perjalanan, semua orang akan berada dalam posisi setara.

Maksudnya adalah percuma berdandan habis-habisan jika kamu akan merasa tidak nyaman akibat menjadi pusat perhatian atau tontonan. Selain itu, lebih baik tampil apa adanya untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk. 

Travelling Bukanlah Shopping

Jangan lupa bahwa kamu sedang melakukan perjalanan. Anggap saja ini bentuk dari liburan yang menjadi asupan spiritual bagi jiwa. 

Membeli souvernir dari beberapa lokasi tentunya bisa dimaklumi apalagi sebagai pengingat bahwa kamu telah mengunjungi tempat itu. Namun, jangan kalap dan sampai melupakan tujuan utama sebelumnya untuk menyegarkan pikiran. Kecuali jika dari awal kamu memang berniat membelanjakan uang tersebut untuk barang-barang tertentu. 

Demikian tips-tips mudah jika kamu ingin melepaskan kepenatan dari masalah dan mencari suasana baru dengan cara travelling. Namun, sekali lagi kamu harus sadar bahwa travelling bukanlah lari dari permasalahan, namun memberikan jeda bagi pikiran supaya bisa menentukan solusi yang lebih baik.

Radhika Dwi Aditya
Radhika Dwi Aditya  Baca buku, buka dunia. Buka internet genggam dunia.

1 komentar

  1. bagi saya traveling ini satu terapi. sebelum pandemik, saya agak aktif traveling. selepas 2 tahun, nak kembalikan mood travel tu...agak sukar hehehe